24 Fakta Unik Seputar Makanan

24 Fakta Unik Seputar Makanan

 Simak fakta unik dibalik makanan yang mungkin selama ini lepas dari perhatian kita semua. Makanan yang kita makan sehari-hari ternyata menyimpan berbagai keunikan. Apa saja keunikan tersebut mari kita simak ulasan dibawah ini :

1. Jeruk lemon ternyata mengandung gula lebih banyak daripada stroberi.
Image result for jeruk lemon 
2. Nama bawang ternyata diambil dari kata dalam bahasa Latin yang berarti mutiara berukuran besar.

3. Setengah dari penduduk dunia ternyata makanan pokoknya adalah beras.

4. Makanan cepat saji ternyata bukan hal yang baru. sisa-sisa fast food ternyata juga ditemukan di antara reruntuhan puing puing kota kuno. Bahkan, bangsa Yunani kuno pun terbukti amat menyukai kebiasaan makanan cepat saji ini. Yang dapat dibilang baru hanyalah jenis produknya yang dibuat secara massal, pilihan menunya yang dibuat sesuai standar, dan resep-resep fast food yang ditetapkan juga dalam sistem berantai.

5. Keripik kentang ternyata ditemukan oleh seorang Indian Amerika Utara bernama George Crum.

6. Sepanjang hidupnya setiap orang rata-rata menghabiskan 35 ton makanan.

7. Es krim ternyata merupakan makanan Cina. Ketika Marco Polo kembali ke tanah asalnya, Itali, dari Cina pada tahun 1295, selain membawa aneka benda, ia pun membawa sebuah resep. Resep ini tak lain adalah hidangan penutup warga Cina yang terkenal dengan sebutan "es susu". Kemudian bangsa Eropa mengganti susu dengan krim sekaligus mengganti namanya menjadi "es krim". Sejak itulah es krim menjadi hidangan yang laris manis dan disukai siapa saja.

8. Tahukah anda, pendiri kedai cepat saji Mc Donald rupanya seorang pemegang gelar kesarjanaan di bidang ilmu yang mendalami seluk beluk hamburger.

9. Warga Perancis ternyata meghabiskan kira-kira 500 juta ekor siput setiap tahun untuk hidangan escargot.

10. Wortel ternyata benar-benar dapat membantu ketajaman mata anda saay berada didalam kegelapan. Vitamin A dikenal sebagai pencegah rabun senja dan wortel kaya akan kandungan Vitamin A.

11. Sereal pertama yang dijadikan sarapan rupanya terbuat dari gandum KW2 alias sudah tak utuh lagi.

12. Waspadalah tak kurang dari sekitar 100 ribu bakteri terdapat dalam 1 liter air minum.

13. Kata gaji atau salary berasal dari kata salt atau garam. Sebagai bahan pengawet tertua, dimasa lalu garam justru sangat sulit ditemukan, saking jarangnya, dalam keseharian garam digunakan sebagai alat tukar pembayaran, bayangkan, mendapat 1 sendok makan garam setara dengan kerja keras seharian.

14. Krim ternyata lebih cair daripada susu.

15. Kopi instan ternyata bukan barang baru, karena keberadaannya ternyata sudah ada sejak pertengahan abad ke 18.

16. Menu chop-suey ternyata bukan berasal dari daratan Cina, karena merupakan kreasi seorang imigran Cina yang tinggal di California.

17. Katanya, anda akan lebih lapar ketika sedang berada di daerah berudara dingin. Itu ternyata sebuah mitos saja, karena selera makan sama sekali tidak dipengaruhi oleh temperatur atau suhu udara.

18. Saus yang digunakan penduduk Frankfrurt (Jerman) untuk makan ternyata dikreasikan pertama kali di Cina.

19. Membiarkan susu dalam keadaan terbuka diterpa sinar matahari selama 2 jam saja akan menghilangkan sekitar 2/3 kandungan Vitamin B.

20. Makanlah tomat bersamaan dengan burger. Pertimbangannya adalah, bila sumber Vitamin C (jeruk, anggur, stroberi, tomat dan sejenisnya) dimakan secara bersama daging atau kacang-kacangan yang sudah dimasak, tubuh akan lebih mudah menyerap zat besi yang terkandung didalam makanan berprotein.

21. Air yang anda minum sebetulnya sudah pernah diminum oleh orang lain sebelumnya, bahkan mungkin sudah sekian banyak berulang kali.

22. Dibutuhkan 3500 kalori untuk membentuk 1 pon lemak tubuh. Jadi tetaplah aktif bergerak untuk membakar kalori yang masuk kedalam tubuh sehingga kalori tidak mudah berubah menjadi timbunan lemak.

23. Kacang ternyata dizaman dahulu digunakan dalam pembuatan dinamit.
fakta unik makanan kacang bahan dinamit

24. Menyajikan ikan dengan irisan jeruk lemon ternyata sudah menjadi tradisi sejak abad pertengahan. Orang percaya, rasa asam yang terkandung dalam jeruk lemon dapat menghancurkan tulang yang mungkin saja ikut tertelan.

source: Buku Pintar Ensiklopedi dan Ilmu Pengetahuan

Previous
Next Post »